Jenis-Jenis Kapal Laut

Jenis-Jenis Kapal Laut

Kapal laut adalah alat transportasi yang bergerak di perairan. Kapal laut memiliki banyak fungsi selain mengangkut penumpang. Mau tahu jenis-jenis kapal laut yang dikelompokkan menurut fungsinya? Yuk, kita lihat-lihat jenis kapal laut pembelah samudra...

1. Kapal Penumpang

Jenis kapal yang satu ini sangat akrab dengan kehidupan kita. Fungsinya diperuntukkan bagi penumpang yang hendak bepergian lintas benua. Kapasitasnya bisa mencapai ribuan orang, dengan fasilitas lengkap dan arsitektur mewah. Kapal penumpang mewah yang terkenal adalah Titanic, Queen Mary, dan Queen Elizabeth II.

2. Kapal Barang

Kapal jenis ini juga merupakan kapal yang sibuk melintasi lautan membawa muatan barang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain. Kapal barang menjadi urat nadi aktivitas perdagangan dunia, karena berperan penting dalam aktivitas ekspor impor. Selain ukurannya besar dan mampu membawa banyak muatan, kapal ini juga mampu berlayar sangat jauh.

3. Kapal Tanker

Dengan ukurannya yang besar, kapal ini digunakan untuk mengangkut minyak, dikendalikan dengan komputer dan sistem navigasi yang canggih melalui satelit. Tanker yang berukuran raksasa disebut supertanker. Panjang supertanker bisa mencapai 378 meter dengan lebar 50 meter dan berat kosong 167000 ton. Ukurannya yang jumbo mampu mengangkut minyak mentah hampir satu juta barrel. Ckckck...

4. Kapal Feri

Fungsinya adalah sebagai alat penyeberangan untuk melintasi selat atau laut diantara dua pulau. Meski ukurannya tidak sebesar kapal penumpang, kapal feri mampu mengangkut banyak penumpang sekaligus kendaraan-kendaraan seperti mobil, bus, dan truk. Untuk transportasi laut antar pulau, kapal inilah yang diandalkan. Di Indonesia, feri mengalami waktu sibuk setiap libur lebaran, malayani ribuan pemudik yang ingin pulang kampung keluar pulau.

5. Kapal Selam (Submarine)

Jenis kapal yang satu ini unik, karena bergerak dengan tidak terapung di permukaan laut, melainkan menyelam ke dalam laut. Kini hampir semua kapl selam digunakan untuk tujuan militer dan penelitian bawah laut, namun ada juga yang dibuat khusus untuk perjalanan wisata. Cara kerja submarine adalah menggunakan prinsip archimedes, dimana terdapat ruang-ruang yang berfungsi sebagai pemberat. Jika ingin menyelam, maka ruang pemberat akan diisi air sehingga kapal akan tenggelam. Sebaliknya, jika ingin naik ke permukaan, ruang pemberat diisi udara dan air dikeluarkan.

6. Kapal Perang

Sesuai namanya, fungsinya adalah untuk membantu kegiatan perang. Kapal perang memiliki beberapa jenis. Kapal induk yang berguna untuk membawa armada tempur udara, kapal perusak (destroyer) yang digunakan untuk kapal perang lawan, kapal penjelajah (cruiser) yang digunakan untuk berlayar dalam waktu yang lama dan berperang di tempat yag jauh, serta kapal penyapu ranjau yang berfungsi untuk mencari dan menghancurkan ranjau laut.

7. Kapal Tunda

Kapal tunda digunakan untuk menarik kapal lai yang lebih besar ketika akan merapat atau meninggalkan pelabuhan yang sempit. Meski ukurannya kecil, tenaganya cukup besar untuk menarik kapal-kapal besar. Kadang-kadang, untuk menarik kapal yang berukuran super seperti kapal induk, diperlukan beberapa kapal tunda untuk menariknya.

8. Kapal Penangkap Ikan

Kapal ini digunakan para nelayan untuk mengangkap ikan. Dengan dilengkapi jala yang berukuran besar, banyak ikan dapat ditangkap dengan cepat. Kapal ini juga memiliki ruang pendingin untuk menyimpan ikan hasil tangkapan supaya ikan tetap segar setelah tiba di pelabuhan.

9. Kapal Layar

Kapal layar sudah ada sejak zaman dahulu sebelum ditemukannya motor penggerak modern. Kapal ini bergerak menggunakan tenaga angin dengan memanfaatkan layar yang terbentang lebar. Dulu kapal ini digunakan untuk berbagai tujuan, tetapi kini hanya digunakan untuk kegiatan olahraga.

10. Kapal Penyelamat (Lifeboat)

Lifeboat digunakan oleh tim penyelamat apabila terjadi musibah laut, misalnya kapal tenggelam. Lifeboat dapat melakukan pencarian dan penyelamatan korban musibah laut meski dalam kondisi cuaca buruk, misalnya badai.

1 comments: